May 7, 2013

Handphone Android "Samsung Young" Terkunci "Terlalu Banyak Pola"


HP Android sobat tidak bisa masuk ke menu telepon atau teleponnya terkunci hanya bisa panggilan darurat saja. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, misalnya:

  • Secara tidak sengaja sobat atau orang lain mengaktifkan fitur pengunci layar yang menggunakan pola atau password. Padahal sobat tidak mengetahui polanya / PIN / Passwordnya.
  • Pengunci layar handphone memang sobat atur untuk menggunakan pola (pattern) namun Sobat lupa dan terlalu banyak memasukkan pola yang salah sehingga telepon terkunci dan meminta memasukkan akun.
  • Terjadi kerusakan pada salah satu aplikasi Android sehingga tidak bisa masuk ke menu. 
Berikut cara untuk mengatasinya:

  1. Jika koneksi internetnya aktif dan sobat mengingat akun serta password Gmail sobat, maka untuk mengatasi yang terkunci akibat pola sangatlah mudah. Sobat cukup memasukkan akun gmail dan password yang digunakan.
  2. Jika belum muncul pilihan untuk memasukkan akun Gmail, sobat cukup melakukan percobaan pola berkali-kali hingga muncul pilihan untuk sign in akun Gmail.
  3. Jika permasalahannya akibat hal lain, misalnya akibat ada aplikasi Android yang rusak atau sobat tidak ingat akun atau password Gmail, maka untuk mengatasi masalah seperti ini Sobat harus melakukan Factory Reset Android .

Factory reset atau reset data pabrik adalah metode untuk mengembalikan handphone Android ke kondisi standar atau seperti baru keluar dari pabrik. Proses ini akan menghapus semua data dan aplikasi yang terinstall di handphone/tablet Android, termasuk akun Gmail (Google) yang terintegrasi dengan perangkat. Jika sobat ingin melakukan factory reset, sebaiknya backup dulu data-data atau file yang penting.

Berikut caranya:
-Pastikan baterai handphone masih cukup banyak atau full
-Matikan handphone
-Tekan tombol HOME (tombol yang ditengah) dan tombol power + Volume Up secara bersamaan, jangan dilepas selama beberapa saat, tunggu sampai muncul logo.

sobat akan masuk ke menu Recovery Mode:
-Tekan tombol volume kebawah hingga posisi kursor berada di tulisan wipe data/factory reset
-Tekan tombol HOME
-Pilih yes (for all user)
-Reboot

Setelah itu handphone akan restart dan akan kembali ke settingan awal pabrik. Sebagai informasi, melakukan Factory Reset berarti menghapus semua aplikasi yang terinstall dan juga data, seperti contact, phonebook, SMS, dll.

**********Semoga Bermanfaat**********

11 comments:

  1. Replies
    1. makasih ms.irwan danang :D
      kalo ada yang ditanyakan silahkan bertanya gak usah sungkan sungkan :P

      Delete
  2. Agan baik HELP *BANYAK POLA* !! koneksi internet gue mati, otomatis tidak bisa sign in Gmail, sedangkan gue gak mau factory data reset. ada cara?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara lebih mudahnya agan bawa ke center terdekat, jika ingin cara lain agan silahkan cari di mbah google dengan kata kunci "Android Debug Bridge" semoga bermanfaat.

      Delete
  3. Replies
    1. jika android nisa tidak ada tombol homenya gunakan cara yang pertama dengan memasukkan gmail nisa (koneksi internet aktif)

      Delete
  4. gan punyaku samsung gal s4 tp ke lock karena salah buka lock sya mau tanya aku udah masuk factory mode tp kok gak ada pilihan wipe data ya???mohon bantuanya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk memilih pilihan wipe data/format factory agan tekan tombol volume kebawah hingga posisi kursor berada di tulisan “wipe data/factory reset”

      Delete
  5. Mau tanya gan, hh samsung s4 mini. Pola kunci terlalu banyak salah memasukan. Seperti yang di jelaskan di atas.
    Saat masuk cmw di cmw nya tdak bekerja gan. Saat kita lakukan masuk ke menu reset all user tidak mau. Solusinya gimana yah gan?
    saat flash tool pun gak support. Bingung nh gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sarankan agan pergi ke center service samsung terdekat untuk menanyakan kondisi handphone agan. kemungkinan adanya system handphone agan tidak bekerja atau kerusakan pada piranti keras handphone agan. untuk flash tool carilah versi yang sudah suport pada handphone samsung galaxy s4 semoga bermanfaat.

      Delete

Berikan komentar Anda untuk perkembangan blog ini